Perkuliahan - Creative Digital For Global Entrepreneur

Logo LPK GETI (Global Edukasi Talenta Inkubator) LPK GETI (Global Edukasi Talenta Inkubator)
  • Online
  • Perkuliahan

Informasi Umum

Mencetak sumber daya manusia Indonesia yang kompeten dan profesional di bidang usaha daring dan mampu menjadi pengusaha berskala ekspor yang memiliki daya saing di era industri 4.0 dan berbasis e-commerce (pasar daring).

Job Role

  • Digital Marketer
  • Educator

Kategori Inovasi

  • Socialpreneur

Syarat Pendaftaran

Minimal Kelengkapan Profile Lengkap
Minimal Pendidikan Bebas
Jurusan Bebas
Durasi waktu penyelenggaraan program 11 Maret - 9 Juni 2025
Hari penyelenggaraan kuliah Selasa
Waktu/jam penyelenggaraan kuliah 14.00 - 15.00 WIB
Syarat bagi peserta

- Mahasiswa aktif atau entrepreneur muda
- Min 18 - 30 tahun
- Sudah memiliki akun media sosial pribadi
- Follow sosial media @geti.prakerja
- Upload konten berupa carousel, reels, video, infografis (pilih salah satu) pada feed instagram, tiktok, atau sosial media lainnya yang berkaitan dengan LPK Geti atau Future Skills

Rencana quiz per pekan - individu/kelompok (jika ada) tidak ada
Rencana proyek akhir/UAS- individu/kelompok (wajib ada) - Optimalisasi online store di marketplace lokal
- Membangun fondasi wirausaha melalui BMC
- Membangun brand positioning
- Membuat creative content plan
- Melakukan sosial media marketing
- Membuat asset-asset visual
- Membuat landingpage di Google my business
- Lakukan riset identifikasi komoditas lokal untuk pasar global
Kebijakan presensi Wajib presensi menggunakan platform/form yang disediakan oleh tim pengelola Future Skills
Kriteria penilaian akhir (bobot) Bobot nilai: Kuis/tugas 20%, kehadiran 20%, tugas akhir/final deck 60%
Syarat lulus - Hadir minimal 60% dari total pertemuan tatap muka
- Mengumpulkan proyek akhir/UAS

Informasi Jadwal

Tanggal Jam (WIB) Topik Narasumber Metode Pembelajaran
11/03/2025 14:00 - 15:30 Digital Marketing untuk Pemasaran Usaha Divera Wicaksono, S.Pt Online
18/03/2025 14:00 - 15:30 Mengenal UI/UX di Dunia Digital Binsa Fauzi, S.Sn Online
08/04/2025 14:00 - 15:30 Fundamental : Open Mind Digital Sociopreneur Fundamental & Short Workshop : Branding Communication Amalia Prabowo, S.Str. M.M., CMT Online
10/04/2025 14:00 - 15:30 Content Marketing Strategy : Copywriting & Content Marketing Strategy : Video Rizaldy Febriyansyah, S.I.Kom & Michael Julian Hambuwali, S.E Online
15/04/2025 14:00 - 15:30 UTS Online
22/04/2025 14:00 - 15:30 Google My Business Activation Rachmat W. Suryo, S.Kom., M.M Online
29/04/2025 14:00 - 15:30 Marketplace Activation & Optimization Nur Hidayati, S.M. Online
06/05/2025 14:00 - 15:30 Youtube Optimization Roby Iskandar Nasution, S.Kom Online
13/05/2025 14:00 - 15:30 Mentorship 1 FS Online
20/05/2025 14:00 - 15:30 Mentorship 2 FS Online
27/05/2025 14:00 - 15:30 Mentorship 3 FS Online
03/06/2025 14:00 - 16:30 UAS Online

(*) Jadwal, topik, dan narasumber bersifat tentatif (dapat berubah-ubah)

Informasi Detail

Timeline Batch 11
Proses pendaftaran peserta 7 Februari - 3 Maret 2025
Proses seleksi Paralel dengan masa pendaftaran 
On boarding FS Batch 10 7 Maret 2025
Periode perkuliahan 10 Maret - 9 Juni 2025
BATAS KONFIRMASI

Batas konfirmasi peserta dilakukan maksimal 3 HARI setelah mendapatkan notifikasi penawaran. 

Harap cek halaman dashboard dan email secara berkala untuk mengantisipasi tertolak kelas secara otomatis.

Final Project
Nama Final Project Detail Aktivitas Final Project Durasi Pelaksanaan Final Project Output Indikator Penilaian
Buatlah strategi branding dan pemasaran digital yang menggabungkan UI/UX terbaik, copywriting yang menarik, dan video kreatif untuk mempromosikan Sociopreneur Anda melalui Google My Business, marketplace, dan YouTube. Sertakan rencana implementasi dan dampak yang diharapkan. Project harus mencakup:

1. Judul Proyek: Proyek harus memiliki judul yang mencerminkan tujuan dan fokusnya, serta mencantumkan nama proyek dan anggota tim. Logo (jika ada) harus dikembangkan.
2. Masalah: Proyek harus secara jelas mengidentifikasi masalah yang ingin diatasi, menjelaskan dampak negatif yang ditimbulkan oleh masalah tersebut, dan didukung oleh data relevan.
3. Pengguna: Proyek harus mendefinisikan profil pengguna atau komunitas yang menjadi fokusnya, menguraikan kebutuhan dan harapan pengguna, serta mencantumkan insight dari pengguna yang mendukung pengembangan solusi.
4. Solusi: Proyek harus mendeskripsikan ide solusi yang ingin diimplementasikan dan menjelaskan mengapa solusi ini dipilih sebagai pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah.
5. Prototipe: Proyek harus mencakup deskripsi prototipe yang telah dikembangkan dan fungsi utamanya. Visualisasi atau ilustrasi prototipe harus disertakan.
6. Pengujian: Proyek harus menjelaskan metode pengujian prototipe, mencantumkan umpan balik yang didapatkan, dan menjelaskan perubahan atau pengembangan yang akan dilakukan berdasarkan umpan balik.
7. Implementasi: Proyek harus memaparkan rencana implementasi yang mencakup langkah-langkah dan timeline proyek, serta mengidentifikasi potensi hambatan dan cara untuk mengatasinya.
8. Dampak yang Diharapkan: Proyek harus menjelaskan dampak positif yang diharapkan dalam jangka pendek dan panjang setelah implementasi solusi.
9. Anggaran dan Sumber Daya: Proyek harus mencakup rincian biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan meluncurkan solusi, serta strategi penggalangan dana atau sumber dana yang telah ada.
10. Tim dan Kolaborasi: Proyek harus memperkenalkan anggota tim dan peran masing-masing dalam proyek, serta mencantumkan jika ada kerjasama dengan pihak/organisasi lain.
11. Kesimpulan: Proyek harus memberikan ringkasan utama dari presentasi dan mencantumkan apa yang diharapkan dari audiens, seperti dukungan, kolaborasi, atau dukungan finansial.
2-3 Minggu 1. Peserta harus mampu membuat desain aplikasi mobile yang berdasarkan konsep desain UI/UX, dengan menerapkan copywriting yang sesuai kebutuhan aplikasi, dan video kreatif untuk mempromosikan Sociopreneur mereka melalui Google My Business, marketplace, dan YouTube.
2. Judul proyek harus mencerminkan tujuan dari pembuatan aplikasi mobile, diawali dengan mengidentifikasi masalah yang ingin diatasi, menjelaskan dampak negatifnya, dan didukung oleh data relevan. Peserta perlu mendefinisikan profil pengguna yang menjadi fokus, menguraikan kebutuhan dan harapan mereka, serta mencantumkan insight yang mendukung pengembangan solusi. Ide solusi, deskripsi prototipe, metode pengujian, rencana implementasi, dampak yang diharapkan, anggaran, sumber daya, dan peran anggota tim harus dijelaskan.
1. Kualitas Desain dan Identitas Visual
- Penilaian Desain Logo: Kepuasan tim dan feedback dari pengguna mengenai estetika dan representasi brand.
- Konsistensi Branding: Konsistensi penggunaan elemen visual (warna, font, logo) di berbagai platform.

2. Kualitas UI/UX
- User Interface (UI): Feedback pengguna mengenai kemudahan navigasi dan desain visual.
- User Experience (UX) Kepuasan pengguna terhadap pengalaman menggunakan platform (aplikasi/situs web).

3. Copywriting
- Daya Tarik Konten:Engagement rate (like, share, comment) di platform pemasaran.
- Relevansi dan Kualitas: Feedback pengguna mengenai kejelasan dan relevansi pesan.

4. Pengujian dan Pengembangan Prototipe
- Feedback Pengguna: Kualitas dan kuantitas feedback pengguna selama fase pengujian.
- Perbaikan Berdasarkan Umpan Balik: Jumlah dan jenis perubahan yang dilakukan berdasarkan umpan balik pengguna.

5. Rencana Implementasi
- Ketepatan Waktu: Pencapaian milestone sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan.
- Penanganan Hambatan: Efektivitas strategi dalam mengatasi hambatan yang muncul.

6. Dampak yang Diharapkan
- Peningkatan Brand Awareness: Kenaikan metrics brand recognition dan recall.
- Pertumbuhan Jumlah Pelanggan: Peningkatan jumlah pelanggan baru dan retensi pelanggan lama.
- Kontribusi Sosial: Penilaian dampak sosial berdasarkan indikator yang ditetapkan (misalnya, jumlah masalah sosial yang teratasi).
Kesempatan Magang

Tidak tersedia

Tentang Mitra

Logo LPK GETI (Global Edukasi Talenta Inkubator) LPK GETI (Global Edukasi Talenta Inkubator)

GeTI Incubator! GeTI adalah Lembaga Pendidikan berbasis inkubasi yang bertujuan untuk mencetak anak negeri berkompetensi kerja dan entrepreneur berstandar internasional.

Pendaftaran

Mata Kuliah

Kewirausahaan Sosial (UNU222022)

Syarat Minimal Kelengkapan Profile

Lengkap

Syarat

Bebas

Mulai Perkuliahan

11 March 2025

Kuota Peserta

300 (tersedia 300)

Kuota Pendaftar

350 (tersedia 346)

Daftar Sekarang

Prasyarat:

Sebelum mendaftar ke konten ini, silahkan mengikuti konten berikut :

Tes Prasyarat

Personality Career Test