Mencetak sumber daya manusia Indonesia yang kompeten dan profesional di bidang usaha daring dan mampu menjadi pengusaha berskala ekspor yang memiliki daya saing di era industri 4.0 dan berbasis e-commerce (pasar daring).
Minimal Kelengkapan Profile | Lengkap | ||||||||||||||||||
Minimal Pendidikan | Bebas | ||||||||||||||||||
Jurusan | Bebas | ||||||||||||||||||
|
Tanggal | Jam (WIB) | Topik | Narasumber | Metode Pembelajaran |
---|---|---|---|---|
11/03/2025 | 14:00 - 15:30 | Digital Marketing untuk Pemasaran Usaha | Divera Wicaksono, S.Pt | Online |
18/03/2025 | 14:00 - 15:30 | Mengenal UI/UX di Dunia Digital | Binsa Fauzi, S.Sn | Online |
08/04/2025 | 14:00 - 15:30 | Fundamental : Open Mind Digital Sociopreneur Fundamental & Short Workshop : Branding Communication | Amalia Prabowo, S.Str. M.M., CMT | Online |
10/04/2025 | 14:00 - 15:30 | Content Marketing Strategy : Copywriting & Content Marketing Strategy : Video | Rizaldy Febriyansyah, S.I.Kom & Michael Julian Hambuwali, S.E | Online |
15/04/2025 | 14:00 - 15:30 | UTS | Online | |
22/04/2025 | 14:00 - 15:30 | Google My Business Activation | Rachmat W. Suryo, S.Kom., M.M | Online |
29/04/2025 | 14:00 - 15:30 | Marketplace Activation & Optimization | Nur Hidayati, S.M. | Online |
06/05/2025 | 14:00 - 15:30 | Youtube Optimization | Roby Iskandar Nasution, S.Kom | Online |
13/05/2025 | 14:00 - 15:30 | Mentorship 1 | FS | Online |
20/05/2025 | 14:00 - 15:30 | Mentorship 2 | FS | Online |
27/05/2025 | 14:00 - 15:30 | Mentorship 3 | FS | Online |
03/06/2025 | 14:00 - 16:30 | UAS | Online |
(*) Jadwal, topik, dan narasumber bersifat tentatif (dapat berubah-ubah)
Proses pendaftaran peserta | 7 Februari - 3 Maret 2025 |
Proses seleksi | Paralel dengan masa pendaftaran |
On boarding FS Batch 10 | 7 Maret 2025 |
Periode perkuliahan | 10 Maret - 9 Juni 2025 |
Batas konfirmasi peserta dilakukan maksimal 3 HARI setelah mendapatkan notifikasi penawaran.
Harap cek halaman dashboard dan email secara berkala untuk mengantisipasi tertolak kelas secara otomatis.
Nama Final Project | Detail Aktivitas Final Project | Durasi Pelaksanaan Final Project | Output | Indikator Penilaian |
Buatlah strategi branding dan pemasaran digital yang menggabungkan UI/UX terbaik, copywriting yang menarik, dan video kreatif untuk mempromosikan Sociopreneur Anda melalui Google My Business, marketplace, dan YouTube. Sertakan rencana implementasi dan dampak yang diharapkan. | Project harus mencakup: 1. Judul Proyek: Proyek harus memiliki judul yang mencerminkan tujuan dan fokusnya, serta mencantumkan nama proyek dan anggota tim. Logo (jika ada) harus dikembangkan. 2. Masalah: Proyek harus secara jelas mengidentifikasi masalah yang ingin diatasi, menjelaskan dampak negatif yang ditimbulkan oleh masalah tersebut, dan didukung oleh data relevan. 3. Pengguna: Proyek harus mendefinisikan profil pengguna atau komunitas yang menjadi fokusnya, menguraikan kebutuhan dan harapan pengguna, serta mencantumkan insight dari pengguna yang mendukung pengembangan solusi. 4. Solusi: Proyek harus mendeskripsikan ide solusi yang ingin diimplementasikan dan menjelaskan mengapa solusi ini dipilih sebagai pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah. 5. Prototipe: Proyek harus mencakup deskripsi prototipe yang telah dikembangkan dan fungsi utamanya. Visualisasi atau ilustrasi prototipe harus disertakan. 6. Pengujian: Proyek harus menjelaskan metode pengujian prototipe, mencantumkan umpan balik yang didapatkan, dan menjelaskan perubahan atau pengembangan yang akan dilakukan berdasarkan umpan balik. 7. Implementasi: Proyek harus memaparkan rencana implementasi yang mencakup langkah-langkah dan timeline proyek, serta mengidentifikasi potensi hambatan dan cara untuk mengatasinya. 8. Dampak yang Diharapkan: Proyek harus menjelaskan dampak positif yang diharapkan dalam jangka pendek dan panjang setelah implementasi solusi. 9. Anggaran dan Sumber Daya: Proyek harus mencakup rincian biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan meluncurkan solusi, serta strategi penggalangan dana atau sumber dana yang telah ada. 10. Tim dan Kolaborasi: Proyek harus memperkenalkan anggota tim dan peran masing-masing dalam proyek, serta mencantumkan jika ada kerjasama dengan pihak/organisasi lain. 11. Kesimpulan: Proyek harus memberikan ringkasan utama dari presentasi dan mencantumkan apa yang diharapkan dari audiens, seperti dukungan, kolaborasi, atau dukungan finansial. |
2-3 Minggu | 1. Peserta harus mampu membuat desain aplikasi mobile yang berdasarkan konsep desain UI/UX, dengan menerapkan copywriting yang sesuai kebutuhan aplikasi, dan video kreatif untuk mempromosikan Sociopreneur mereka melalui Google My Business, marketplace, dan YouTube. 2. Judul proyek harus mencerminkan tujuan dari pembuatan aplikasi mobile, diawali dengan mengidentifikasi masalah yang ingin diatasi, menjelaskan dampak negatifnya, dan didukung oleh data relevan. Peserta perlu mendefinisikan profil pengguna yang menjadi fokus, menguraikan kebutuhan dan harapan mereka, serta mencantumkan insight yang mendukung pengembangan solusi. Ide solusi, deskripsi prototipe, metode pengujian, rencana implementasi, dampak yang diharapkan, anggaran, sumber daya, dan peran anggota tim harus dijelaskan. |
1. Kualitas Desain dan Identitas Visual - Penilaian Desain Logo: Kepuasan tim dan feedback dari pengguna mengenai estetika dan representasi brand. - Konsistensi Branding: Konsistensi penggunaan elemen visual (warna, font, logo) di berbagai platform. 2. Kualitas UI/UX - User Interface (UI): Feedback pengguna mengenai kemudahan navigasi dan desain visual. - User Experience (UX) Kepuasan pengguna terhadap pengalaman menggunakan platform (aplikasi/situs web). 3. Copywriting - Daya Tarik Konten:Engagement rate (like, share, comment) di platform pemasaran. - Relevansi dan Kualitas: Feedback pengguna mengenai kejelasan dan relevansi pesan. 4. Pengujian dan Pengembangan Prototipe - Feedback Pengguna: Kualitas dan kuantitas feedback pengguna selama fase pengujian. - Perbaikan Berdasarkan Umpan Balik: Jumlah dan jenis perubahan yang dilakukan berdasarkan umpan balik pengguna. 5. Rencana Implementasi - Ketepatan Waktu: Pencapaian milestone sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan. - Penanganan Hambatan: Efektivitas strategi dalam mengatasi hambatan yang muncul. 6. Dampak yang Diharapkan - Peningkatan Brand Awareness: Kenaikan metrics brand recognition dan recall. - Pertumbuhan Jumlah Pelanggan: Peningkatan jumlah pelanggan baru dan retensi pelanggan lama. - Kontribusi Sosial: Penilaian dampak sosial berdasarkan indikator yang ditetapkan (misalnya, jumlah masalah sosial yang teratasi). |
Tidak tersedia
GeTI Incubator! GeTI adalah Lembaga Pendidikan berbasis inkubasi yang bertujuan untuk mencetak anak negeri berkompetensi kerja dan entrepreneur berstandar internasional.
Kewirausahaan Sosial (UNU222022)
Syarat Minimal Kelengkapan ProfileLengkap
SyaratBebas
Mulai Perkuliahan11 March 2025
Kuota Peserta300 (tersedia 300)
Kuota Pendaftar350 (tersedia 346)
Daftar SekarangSebelum mendaftar ke konten ini, silahkan mengikuti konten berikut :